REVIEW NOKIA LUMIA 710

ALTERNATIF WINDOWS PHONE MURAH NOKIA LUMIA 710




Jika anda begitu tertarik dengan Windows Phone namun memiliki dana yang terbatas, anda boleh lega dan mencoba jodoh anda di Nokia Lumia 710. Smart phone keluaran Nokia ini adalah adik atau turunan dari Nokia Lumia 800 yang diproduksii untuk menjadi alternatif bagi mereka yang butuh Windows Phone dengan harga lebih bersahabat. Pada sekilas pandang, perbedaan keduanya memang nampak dari tampilan dan kesan Lumia 710 yang lebih murah dibanding pendahulunya. Kira-kira apa saja yang bisa didapatkan dari ponsel pintar yang satu ini?



 Desain dan Built Quality
Nokia Lumia 710 diciptakan dengan layar ClearBack TFT beresolusi 480 x 800 pixel sebesar 3,7 inci. Layar ini dilengkapi dengan fitur Gorilla Glass yang membuatnya semakin kokoh dan tahan terhadap benturan atau goresan; jadi tak perlu khawatir bagi anda yang sering kurang telaten dengan ponsel anda. Prosesor yang digunakan di dalamnya adalah
1.4 GHz single-core Qualcomm MSM8255T Scorpion/Snapdragon yang rupanya juga digunakan untung sang kakak, Lumia 800. Meskipun memiliki dimensi yang cukup besar yaitu 120,5 x 6,5 x 10,9mm bobot Lumia 710 tidak terlalu berat, hanya sekitar 125,5 gram. Hal ini yang membuatnya terkesan murah dan kurang mantap karena rasanya yang terlalu ringan dalam genggaman.
Salah satu kelebihan yang patut dibanggakan dari Lumia 710 adalah cover belakangnya yang bisa diganti-ganti sesuai dengan selera. Untuk kaula muda, tentu saja fasilitas ini begitu menarik karena bisa sebagai ajang berekspresi. Ini juga mempermudah pengguna untuk mengganti baterai ponsel ketika habis dengan baterai baru. Akan tetapi tetap saja tidak disarankan terlalu sering membuka tutup casing ponsel ini. Untuk tombol operasionalnya, Nokia Lumia 710 didesain dengan berbagai tombol fisik berbeda untuk fungsi Home, Back dan Search. Sayangnya desain ini malah membuat tampilannya terkesan repot dan tidak efisien.

 Fitur dan Performa
Nokia Lumia 710 dioperasikan dengan sistem Windows Phone 7.5 Mango sebagai OSnya untuk RAM sebesar 512 GB. Memori internal yang diberikan Nokia untuk smart phone yang satu ini sebesar 8 GB saja tanpa ada opsi untuk menambah eksternal memori karena tidak tersedianya slot. Konektivitas ponsel ini dapat melalui jaringan HSDPA 14.4 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Lumia 710 juga menyuport sistem A-GPS. Berselancar di internet dengan ponsel Nokia ini tergolong mudah dan cepat, baik dengan jaringan 3G maupun Wi-Fi kecepatan yang bisa anda dapatkan tidak berbeda jauh. Dengan browser bawaan Internet Explorer dilengkapi fitur Voice Recognition Internet Search browsing menjadi lebih mudah; apalagi dengan adanya tombol search di bagian kiri bawah yang mempermudah pencarian baik untuk browsing maupun Local Scout App. Sayangnya Flash Player masih belum terdapat dalam Nokia Lumia 710.
Untuk kameranya, meski hanya dengan resolusi 5 megapixel terbukti kamera Lumia 710 tidak kalah jauh dengan kamera kakaknya yaitu Lumia 800. Karena meskipun lebih kecil, namun kemampuan zoomnya lebih tinggi dibanding kamera 8 megapixel milik Lumia 800. Kamera Lumia 710 juga dilengkapi dengan berbagai mode pengambilan gambar seperti macro, backlight, potraits, sports, night ditambah lagi dengan snow, candlelight, beach dan sunset. Pengguna juga masih bisa mengutak-utik setting ISO, White Balance, Exposure, Saturation dan lain-lainnya secara manual. Pada fitur video, Lumia 710 sudah menyuport kualitas HD namun memiliki keterbatasan dalam hal zooming.
Jika berbicara mengenai ponsel pintar tentu tidak lengkap jika tanpa aneka aplikasi. Nokia Lumia 710 sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan di antaranya Nokia Maps, Nokia Drive, Nokia Music, Apps Highlight dan Contact Transfers. Tentang aplikasi navigasi Nokia sudah memiliki reputasi yang baik sekali sehingga anda bisa tenang dengan Nokia Map dan Drive yang ditawarkan. Selain itu Lumia 710 juga memfasilitasi berbagai aplikasi Microsoft yang bisa didapat dari Marketplace Windows Phone. Berita gembiranya, banyak dari aplikasi ini yang ditawarkan secara gratis.

Kesimpulan
Nokia Lumia 710 nampak jelas menyasar pasar muda dengan fitur ganti-ganti back covernya yang begitu mudah mengikuti ekspresi pengguna. Ia bukan smart phone yang jelek dari segi penampilan, namun dampak kompresi yang dilakukan dari Lumia 800 untuk mendapatkan versi ini begitu terasa. Well ada uang ada barang, jadi inilah apa yang bisa anda dapatkan dari windows phone bersistem operasi Mango ini. Apabila anda tertarik dengan fitur ganti-ganti tampilan body atau mudahnya mengganti baterai pada ponsel anda, Lumia 710 bisa jadi pilihan.

Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar