REVIEW LENOVO S880

LENOVO S880 Get More From Your Smartphone

Sepertinya pasar smartphone yang semakin subur membuat banyak pihak mulai tergiur untuk berkecimpung di dalamnya, tidak terkecuali Lenovo. Dengan dirilisnya Lenovo S880 ada kemungkinan produsen notebook asal Taiwan tersebut juga mulai menapakan kaki dalam dunia ponsel pintar yang semakin hari semakin bersaing ketat.

Desain dan Build Quality
Meskipun body utamanya didominasi oleh plastik, Lenovo S880 termasuk kokoh dan memiliki tampilan apik untuk golongan smart phone kelas menengah. Namun harus sabar dengan bekas jari yang mungkin akan sering clemongan di layar atau badan ponsel karena bodynya yang dipoles dengan warna putih glossy, membuatnya gampang terkesan kotor. Layar yang ditawarkan oleh Lenovo adalah layar capacitive TFT beresolusi 480 x 800 sebesar 5 inci. Karena resolusinya yang tergolong kecil untuk
layar yang begitu besar, banyak tampilan gambar, icon dan tulisan yang mengalami pixelate atau terlihat tidak proporsional. Dimensi smart phone ini termasuk tipis dengan ukuran  42 mm x 78 mm x 9.9 mm, namun ternyata cukup berat di bobot yaitu sekitar 169 gram. Tombol power atau sleep, microUSB dan headphone jack pada ponsel ini diletakan di bagian sisi atas telepon sementara sisi kanannya ditempati oleh tombol volume. Lenovo S880 adalah sebuah ponsel dual SIM yang menyediakan dua slot kartu SIM untuk jaringan 3G dan 2G di balik cover belakangnya yang dapat dibuka. Di balik cover itu juga terdapat slot microSD yang bisa dimasuki eksternal memori sampai 32 GB. Untuk tenaga, ponsel pintar ini disupport dengan baterai berdaya2250 mAh.

Fitur dan Performa
Lenovo S880 hidup dengan 4.0.3 Ice Cream Sandwich sebagai sistem operasinya sementara itu ia juga memiliki 512 MB RAM dan 1GHz single-core dari MediaTek sebagai CPU-nya. Internal memori yang ditawarkan hanyalah sebesar 4 GB saja, tapi tak perlu khawatir masih ada slot eksternal memori yang bisa diisi dengan kapasitas sampai 32 GB. Untuk fitur media, soal musik dan audio Lenovo S880 tidak mengecewakan. Ponsel ini menyupport MP3, WAV, WMA, eAAC+, MP4, WMV, H.264 dan H.263 dan memiliki volume yang cukup keras dan jernih. Musik player bawaan sudah tersedia dalam ponsel ini, sementara itu fitur lain berkenaan dengan music player ini adalah fitur lirik yang bisa dibuka jika lirik dijadikan satu folder dengan file musik yang dimaksud. Sayangnya untuk format vide, stock player tidak menyediakan banyak opsi jenis file yang bisa dibuka, file yang bisa diputar menggunakan aplikasi bawaan ini juga terbatas sampai ukuran 720 pixel saja.
Untuk konektivitas Lenovo S880 didukung dengan jaringan 3G, Wi-Fi dan juga Bluetooth. Berselancar di dunia maya termasuk cepat dan mudah dengan browser bawaan yang ada, pengguna juga bisa mengunduh program browser kenamaan dari Google Play. Meski begitu lagi-lagi resolusi yang tergolong kecil untuk layar 5 inci terasa mengganggu di tampilan browser yang sering mengalami pixelate, begitupula saat memutar video.
Pada fitur kamera, Lenovo S880 sudah dibekali dengan  kamera 5,0 mega pixel berauto focus dan kamera sekunder untuk video call dengan resolusi 0,3 mega pixel. Hasil pengambilan gambar terlihat cukup memadai di bawah cahaya dan penerangan yang baik, namun tidak begitu bagus pada kondisi kurang cahaya. Selain itu warna yang ditangkap juga kurang dalam dan hidup jika foto diambil di bawah pencahayaan yang kurang. Untuk video, kamera primer sudah mampu merekam video 720 pixel dengan jumlah frame 30 fps. 

Kesimpulan
Sebagai pendatang baru dari salah satu produsen notebook dunia, Lenovo S880 tidak terlalu mengecewakan. Dengan harga yang ditawarkan fitur-fitur yang bisa didapat dari Android ini termasuk istimewa, seperti kamera 5 megapixel, bodi yang slim, fitur kartu SIM ganda, dan proses IU yang lancar dan cepat meskipun hanya memiliki single core CPU. Resolusi layar yang terlalu rendah untuk sebuah layar 5 inci agak sedikit membuat risih saat melihat tampilan interfacenya, namun jika anda tidak terlalu dipusingkan dengan hal itu, Lenovo S880 ini bukan pilihan yang jelek

Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar