REVIEW NOKIA LUMIA 610

NOKIA LUMIA 610 Good Social Networking Integration




Ini dia berita dari Nokia yang kembali mencoba peruntungan pasar smart phone; dengan meluncurkan Nokia Lumia 610, ponsel pintar yang digadang-gadang sebagai Windows Phone termurah yang bisa anda dapatkan. Banyak yang tertarik, namun banyak pula yang merasa skeptis dengan penawaran pasar yang digolongkan sangat murah dari Nokia ini. Apakah dengan harga murah maka kualitasnya juga murahan? Atau malah memberikan keuntungan bagi para peminat Windows Phone dengan budget terbatas?

Desain dan Build Quality
Pada pandangan pertama kita bisa melihat Nokia Lumia 610 ini bukan ponsel yang unggul di kategori ‘kecantikan penampilan’. Dengan body yang didominasi oleh bahan plastik dan layar TFT beresolusi 800 x 480 selebar 3, 7 inchi untuk menekan harga; tentu penampilan bukan hal utama yang bisa dibanggakan dari Lumia 610. Memiliki dimensi 119 x 62 x 12 mm berarti tidak terlalu besar untuk sebuah Windows Phone.  Meski begitu
ponsel yang satu ini tidak terkesan rapuh, hal ini bisa dirasakan dari cover body belakangnya yang kokoh, juga beratnya yang pas dalam genggaman dan cocok dengan ponsel seukurannya yaitu sekitar 131, 5 gram. Semua perpaduan ini membuat Lumia 610 memiliki kesan berkualitas untuk sebuah ponsel dengan harga sangat terjangkau.
Fitur
Nokia Lumia 610 hidup dengan menggunakan Windows Phone Tango 7.5 turunan dari Mango yang memang didesain untuk ponsel berbudget rendah dengan RAM sebesar 256 MB saja. Meski begitu tidak banyak efek perubahan yang terjadi pada interface 610 sebagai akibat usaha penghematan ini. Ia juga difasilitasi dengan Bluetooth v2.1, microUSB v2.0 dengan WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n dan mensupport sistem A-GPS. Ponsel ini tersedia dalam satu pilihan memori data internal sebesar 8 GB namun tidak didukung dengan tambahan slot memori eksternal. Jadi manfaatkan baik-baik spasi memori internal tersebut karena tidak ada pilihan bagi anda untuk menambahnya lagi.
Murah bukan berarti tanpa fitur memadai, meskipun harganya termasuk rendah Lumia 610 sudah dilengkapi dengan kamera 5 megapixel plus LED Flash sebagai kamera bawaannya. Sayangnya smart phone ini tidak dilengkapi dengan kamera depan, ada harga ada barang. Cara pengambilan gambar dengan kamera Lumia cukup gampang, bisa dengan menyentuh bagian manapun dari layar atau menekan tombol khusus kamera di sisi kanan ponsel. Gambar yang dihasilkan kamera 5 megapixel ini hasilnya cukup tajam sesuai dengan setting kualitas gambar yang kita inginkan. Pada smart phone ini tersedia berbagai mode gambar yang bisa anda ganti-ganti sesuai kebutuhan. Mulai dari setting macro, night, landscape dan juga settingan ISO, exposure, white balance dan semacamnya yang bisa anda utak-atik sesuai keinginan. Selain kamera foto, Nokia Lumia 610 memberikan fitur rekaman video. Meski begitu anda harus puas dengan kualitas rekaman video VGA 30fps saja. Untuk pemakaian video, tombol operasinya harus menggunakan tombol khusus kamera.
Lumia 610 memiliki konektivitas internet melalui jarigan HSDPA 7,2 Mbps, HSUPA 5,6 Mbps, GSM 850 / 900 /1800 / 1900 atau Wi-Fi. Kecepatan koneksi dengan Wi-Fi memang lebih cepat dibandingkan melalui HSDPA namun perbedaannya tidak terlalu drastis. Ponsel ini sebagai Windows Phone, ditemani oleh Internet Explorer 9 sebagai browser bawaannya. Untuk menggunakan browser-browser kenamaan lain sepertinya cukup sulit karena Marketplace Windows Phone tidak menyediakannya, maka anda harus menerima berselancar di dunia maya dengan Internet Explorer 9. Jangan khawatir, performa browser bawaan ini cukup baik.
Aplikasi bawaan dari Nokia Lumia 610 dirasa cukup memadai kebutuhan smartphone user masa kini. Ponsel ini dilengkapi dengan kalender, alarm, Nokia Maps dan Nokia Drive aplikasi peta dan navigasi dari Nokia. Selain itu masih ada versi mobile dari Microsoft Office yang memungkinkan anda bekerja dengan Words, Excel atau PowerPoint dari telepon selular anda. Sayangnya kendala memori internal yang terbatas sering menghambat optimalisasi beberapa aplikasi besar seperti Map atau Nokia Drive.

Kesimpulan 
Dengan harga yang relatif terjangkau, Nokia Lumia 610 merupakan pilihan ideal untuk dipinang para pengguna smartphone dengan bugdet terbatas. Harga yang murah tidak membuat Windows Phone yang satu ini murahan dan mandul, sebaliknya malah ada beberapa fasilitas yang tidak disangka bisa didapatkan dengan biaya ringan. Meski spesifikasinya tergolong apa adanya, namun dengan apa yang ditawarkannya anda tidak rugi memilih Lumia 610 ini.

Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar