TIPS MENCETAK (MENGE-PRINT ) DOKUMEN & GAMBAR DENGAN HEMAT
Mencetak hemat bukan berarti dilarang sering mencetak, tetapi memahami bagaimana cara menggunakan tinta dan merawat printer secara benar.
Untuk itu ikutilah cara-cara berikut ini



1. Chek print preview sebelum mencetak dokumen atau gambar (foto)
untuk menghindari mencetak halaman secara berulang-ulang atau format dokumen yang tidak sesuai, ada baiknya anda mengecek tampilan melalui print preview.jika tampilan sudah sesuai dengan apa yang anda inginkan, mulailah mencetak.


2. Pilih mode cetak/print sesuai kebutuhan
saat mencetak, pasti anda ingin mendapatkan hasil terbaik, namun yang perlu diperhatikan adalah jenis dokumen yang akan anda cetak/print.
Dokumen teks sudah cukup bagus bila dicetak dengan
mode Fast atau Normal. Mencetak/print dengan mode Best dapat anda pilih saat akan mencetak gambar atau foto yang membutuhkan hasil cetak maksimal. Klik tombol Preferences untuk menentukan hasil cetakan/ print- an.
sesuaikan lah jenis kertas yang akan di gunakan untuk mencetak/ print.
Untuk dokumen teks lebih baik mengunakan kertas A4 plain paper 80 gr. Dan untuk Foto gunakanlah kertas A4 photo paper 200 gr / A4 inkjet paper 160 gr.

3.Pilih bagian bagian yang ingin anda cetak/print
kesalahan yang berujung pada pemborosan tinta dan kertas yaitu mencetak langsung dari tampilan browser. mungkin yang membuat anda tertarik sebenarnya hanya isi artikel nya, tetapi ketika anda meng klik tombol print, maka tampilan di browser secara keseluruhan akan tercetak. Jika yang anda maksudkan hanya ingin mencetak artikel berupa teks, blok terlebih dahulu artikel yang anda kehendaki kemudian klik file--print-selection maka printer hanya akan mencetak teks yang akan anda blok tadi.

4.Nyalakan dan matikan printer dengan menekan tombol power
ingin printer anda berumur panjang? jangan sering mematikan printer dengan mencabut kabel power secara langsung. Terlalu sering mencabut kabel printer dengan tujuan untuk mematikan printer akan berpengaruh pada head catridge tidak berhenti pada tempat yang seharusnya sehingga head catridge akan cepat kering.

5. Seringlah mencetak/print untuk mencegah tinta pada head catridge kering.
bila hasil cetakan anda bergaris, ini bisa disebabkan karena anda sudah lama tidak mencetak. Tinta Catridge pada tinta printer inkjet apapun jenisnya dapat mengering jika tidak digunakan untuk jangka waktu lama. Untuk menghindari hal ini, setidaknya hidupkan printer atau lakukan pencetakan/ penge print-an 2 sampai 3 hari sekali. Apabila tinta tidak mau keluar karena kering, rendamlah head catridge kedalam air hangat selama kurang lebih 1 sampai 2 menit hingga tinta keluar. Keringkan head dengan tissue dan pasang kembali ke printer. Atau bisa juga dengan cara, tempelkan tissue pada head catridge, kemudian ayunkan/hentakkan catridge dari atas ke bawah sampai tinta keluar.

6. Hemat dengan tinta isi ulang/reffil.
saat tinta printer habis, memang lebih mudah jika anda langsung menggantinya dengan catridge original. Tetapi karena catridge ini mahal harganya, mungkin membuat anda berfikir ulang bila sering mencetak. Saat ini banyak solusi dalam menghemat proses mencetak/ menge-print, salah satunya dengan menggunakan tinta isi ulang, proses yang mudah dan hanya memakan waktu kurang dari 5 menit menjadikan tinta isi ulang sebagai alternative terbaik dalam menghemat.
Catridge yang dioperasikan secara benar dapat di isi ulang hingga 3-4x refill, sedangkan 1x refill harganya+/- 25% catridge original.
Apabila anda memilih proses cetak mencetak menggunakan tinta refill, maka 1 catridge dengan 3-4x refill akan menghemat lebih dari 80 - 90 % dibandingkan catridge original.
memang ada anggapan bahwa tinta isi ulang/ refill dapat merusak printer, sejatinya presepsi ini keliru, karena pada dasarnya tinta original maupun tinta isi ulang/ refill adalah sama.
Umumnya kerusakan printer ada pada printer head, yang disebabkan cara penggunaan yang tidak seharusnya, adapun masalah catridge utamanya ada pada circuit nya.
Asalkan proses pengisian ulang/refill dilakukan sesuai prosedur dan pengoperasian rinter dengan benar, catridge printer seharusnya tidak bermasalah.
0 Responses

Posting Komentar